Setahu saya iya, karena potensio di setel paling dingin (suhu rendah) kompresor ac akan semakin lama bekerja untuk mendapatkan suhu yg diinginkan. Setelah suhu yg diinginkan di dapat, maka kompresor akan berhenti bekerja dan putaran mesin menjadi lebih ringan. Tetapi blower ac tetap bekerja. Setelah suhu dalam kabin mulai naik lagi, maka kompresor akan bekerja lagi, dan putaran mesin akan tambah berat dan secara otomatis rpm mesin akan naik sekitar 500-1000 rpm.
Jadi saran saya atur suhu ac sesuai kebutuhan saja.
Begitu bos sepengetahuan saya.
eh saya baru tau info ini.
biasa saya ga pernah otak - atik sih , soalnya takut ntar error.
dan misalkan menghemat BBM , apa iya menghemat banyak ?
thanks for sharing bro
Setahu saya iya, karena potensio di setel paling dingin (suhu rendah) kompresor ac akan semakin lama bekerja untuk mendapatkan suhu yg diinginkan. Setelah suhu yg diinginkan di dapat, maka kompresor akan berhenti bekerja dan putaran mesin menjadi lebih ringan. Tetapi blower ac tetap bekerja. Setelah suhu dalam kabin mulai naik lagi, maka kompresor akan bekerja lagi, dan putaran mesin akan tambah berat dan secara otomatis rpm mesin akan naik sekitar 500-1000 rpm.
Jadi saran saya atur suhu ac sesuai kebutuhan saja.
Begitu bos sepengetahuan saya.
Permisi para suhu semproters...mau tanya apakah memainkan potensiometer AC dapat menghemat BBM?
Apakah besar pengaruhnya antara menggunakan AC (AC ON) dengan tidak menggunakan AC (AC OFF) dalam menggunakan Bensin?
Terima kasih agan2 suhu semproters yang mau sharing...
sekalian numpang gan spy_der mau nanya bagaimana membuat tenaga tetap stabil saat ac nyala. alias gak ndut2 an. avanza g 2004 non vvti. nuwun agan2 semua.