Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

pesawat A-29 super tucano

tusla

Semprot Kecil
Daftar
7 Jun 2012
Post
76
Like diterima
1
Lokasi
dimanamana
4248710_20120921032533.jpg

4248710_20120921102724.jpg


Super Tocano EMB-314 dibeli pemerintah Indonesia untuk menggantikan fungsi pesawat tempur ringan OV-10 Bronco. Pembelian ditandatangani saat pameran Indo Defence 2010.
Super Tucano memiliki maximum take off weight 5.400 kg, dengan external load 1550 kg/5 hard point. Kapasitas internal fuel twin seater 656 liter dan single seater 956 liter dengan external tank 960 liter dapat terbang 7 jam dengan jarak capai 1480 nm. Sedangkan max operating speed 320 kts, cruising speed 280 kts dan stalling speed 80 kts, service ceiling 35.000 ft dengan cabin pressurize dan Oxygen Obogs (On board Oxygen Generation System). Begitu kita masuk Cockpit terlihat ejection seat Martin Baker MK-10 L (0-0) dengan operating 3 modes (normal, aft dan single) dan dilengkapi anti “G” suit dan personal Survival Kit.
Salah satu pejabat TNI AU Marsda TNI (Pur) Ganjar Wiranegara (Alm, meninggal 8 Februari 2008) pernah berkunjung dan menerbangkan Super Tucano di Brazilia, menuliskan hasil fliht test-nya, yang merupakan salah satu referensi terbaik dalam menilai Super Tucano sebagai pengganti OV-10 Bronco. Hasil test flight-nya sebagai berikut.
Cockpit Layout. Setelah duduk dalam cockpit, terlihat Super Tucano memiliki cockpit yang lebih ergonomic dengan penempatan panel instrument lebih baik dan memudahkan mengoperasikan system yang ada. Integrasi sistem HUD (Head Up Display), UFCP (Up Front Control Panel) dan dua CMFD (6”x8” Color Multi Function Displays) sangat memudahkan dan meringankan kerja penerbang.
Pada front seat HUD dilengkapi Video Camera yang dapat dilihat oleh back seat dan dapat di-transmit ke station di bawah maupun pesawat lain via data link dan dapat direkam pada digital video recorder. elalui UFCP penerbang dapat merubah radio/nav aid freq, way point/tactical information, armament type/modes dan lain-lain. Sedangkan CMFD dapat memperlihatkan additional dan routine information (engine instruments, rute penerbangan, armament system dll), procedure list dan utamanya back up displays untuk HUD dan UFCP.
Pada throttle dan stick control terdapat banyak tombol/switches yang akan memudahkan pengoperasian dengan tangan tetap pada throttle dan stick sehingga tetap mempertahankan control capability. Itulah disebut konsep HOTAS (Hand On Throttle and Stick) yang menjamin penerbang tetap waspada dan penuh konsentrasi terhadap keadaan di luar cockpit. Pesawat ini juga dilengkapi Operational Flight Program, Mission and Displays Processor serta Digital Video Recorder dan Flight Data Recorder.
Engine. Super Tucano menggunakan Pratt & Whitney buatan Canada PT 6A-68C/3 Turboprop 1600 SHP dengan 5 blade propeller yang dilengkapi EICAS (Engine Indication and Crew Alerting System) dan Fire Detection System. Pelaksanaan start sangat mudah dan dapat dilakukan oleh front maupun back seat, pertama fuel booster pump ON kemudian push button start, 14 % RPM (Ng) throttle posisi start, setelah propeller unfeather light indicator off throttle idle kira kira 40 detik RPM stabil pada 66 % RPM temperature 6700 C.
Sebelum taxy out, Cabin Pressurize dan Air Conditioning ON dilanjutkan parking brake release, idle power cukup untuk taxy speed. Selama taxy dirasakan manual nose wheel steering sangat responsive, dengan ujung kaki saja mudah mengatur speed taxy.
Navigation aids and Communication. Sebelum kembali ke base melaksanakan short navigation, Super Tucano dilengkapi dengan GPS dan INS, Laser Ring Gyro dan Radar Altimeter sehingga hasilnya precise. GPS stand alone untuk mencegah trouble di salah satu sistem, selain itu tetap dilengkapi basic flight instrument. Nav aid dilengkapi VOR/ILS, DME dan ADF serta dilengkapi digital anti interception & jamming V/UHF radio dan juga Fuel Alarms (Joker/Bingo).Untuk memudahkan pelaksanaan terbang dilengkapi Auto Pilot dengan modes Heading Hold, Altitude Hold, Navigation and Approach.
Sistem komunikasinya dilengkapi VHF/UHF radios with cripto dan Data Link, HF radio, IFF transponder dan Emergency Locator Transmitter. Sistem Data Link di Super Tucano sangat menarik dapat melaksanakan operasi silent communication dengan ground ataupun pesawat lain (Secure Communication).
Armament System. Sistem persenjataan Super Tucano terdiri atas 2 machine gun kiri dan kanan 0,5 “ (250 round each), dan 5 hard point di wing untuk 2 out board station di bawah wing (max 250 kg) dan 2 inboard station di bawah wing dan di tengah (max 350 kg) yang dapat juga dipasang external tank, sehingga total maximum external load 1.550 kg. Semua station dapat dipasang bomb sejenis MK-81 maupun MK-82, Cluster, Rocket Pod dan juga dapat dipasang Laser Guided Bomb.
Selain itu di outboard station dapat dipasang Short Range Air to Air Missile (AIM-9L class) dan juga dapat dipasang Air to Ground Missile (Maverick class). Pesawat ini juga dilengkapi Self Protection System terdiri dari RWR (Radar Warning Receiver), MAWS (Missile Approach Warning System) dan Chaff & Flare Dispensers.
Pelaksanaan bombing 2 bomb dengan A/G-CCIP dive angle 300 dengan hasil 3m/4m, 2 bomb dengan A/G- CCRP level bombing dan DTOS dengan hasil 13m/14m. Adapun hasil strafing 3 runs, run pertama 20 peluru/17 in, run kedua 20 peluru/14 in, run ketiga 40 peluru/27 in. Walaupun dengan keterbatasan jumlah sorti, namun terlihat dari peralatan avionic dan hasil Weapon Delivery menunjukan Weapon Control System Super Tucano sama dengan generasi terbaru dari Jet Fighter Aircraft.

share info aja gan....
NB : thanks to aganichod
 
ukuran klo diliat dari foto.kecil.mungkin klo buat patroli gak bisa nurut aku.cocoknya hit n run.entah klo fuel tanknya besar.bisa angkut senjata mayan banyak.jadi inget A-10 thunderbird.si A-10 versi gedenya.A-29 buat interceptor pas tuh.
 
ukuran klo diliat dari foto.kecil.mungkin klo buat patroli gak bisa nurut aku.cocoknya hit n run.entah klo fuel tanknya besar.bisa angkut senjata mayan banyak.jadi inget A-10 thunderbird.si A-10 versi gedenya.A-29 buat interceptor pas tuh.

tetep lebih cocok untuk anti gerilya gan... buat ancurin konvoi musuh di darat..n target2/instalasi taktis musuh
 
Yang belum diketahui dari threat artikel di atas adalah kemampuannya dalam dog fight....
max speed dan accelerasi biasanya juga harus didukung dengan kemampuan manuver....
ada yang menyebut sebuah istilah mengenai kemampuan manuver ini, tp saya lupa namanya...
Mohon dibenarkan jika keliru...
:hati:
 
yang ane baca pesawat ini mampu melakukan manuver sampe 360derajat deh, apa ssalah baca ya ? ane setuju sama bro paolo, emang lebih cocok ni pesawat untuk hit n run, konvoi darat ringan habis dilibas ..
 
yang ane baca pesawat ini mampu melakukan manuver sampe 360derajat deh, apa ssalah baca ya ? ane setuju sama bro paolo, emang lebih cocok ni pesawat untuk hit n run, konvoi darat ringan habis dilibas ..

hehehe...pastinya gan..iring2an rantis n ranpur musuh bakal dibikin kocar-kacir...

tapi yaa..namanya juga pesawat anti gerilya.. pastinya speed kurang begitu mumpuni.. dibanding kelas F-series n Sukhoi Family
 
jadi sepertinya untuk dogfight malah kurang cocok ya ? bisa kalah speed pas ngejar musuh.
 
klo masalah ngancurin gerilya ato konvoi bolehlah.tapi mending beli yg kelas beratnya si A-10 Thunderbird.punya amrik.1-2 ok tuh.meski aslinya mo dipensiunin***ra2 operasi badai gurun lawan irak di fungsikan lagi sampe sekarang.
maslahnya harganya ama ongkos perbaikan.mending punya 1 daripada gak punya sama sekali buat final attack klo mo carpet bomber lawan tank ato serangan dari darat.
harganya ama ongkos perbaikan amit2 dah.devisa bisa kanker.tech transfer masalah A-10 Thunderbird pastinya ok.biar bisa buat sendiri.
 
klo masalah ngancurin gerilya ato konvoi bolehlah.tapi mending beli yg kelas beratnya si A-10 Thunderbird.punya amrik.1-2 ok tuh.meski aslinya mo dipensiunin***ra2 operasi badai gurun lawan irak di fungsikan lagi sampe sekarang.
maslahnya harganya ama ongkos perbaikan.mending punya 1 daripada gak punya sama sekali buat final attack klo mo carpet bomber lawan tank ato serangan dari darat.
harganya ama ongkos perbaikan amit2 dah.devisa bisa kanker.tech transfer masalah A-10 Thunderbird pastinya ok.biar bisa buat sendiri.
setuju gan... ToT harus tetap jadi prioritas

dan bagian dari pembelian alutsista
 
baru nonton tv.TV One.si Tucano.nanti ikut parade militer pas HUT ABRI.pas tgl 5 nanti.entah pake fly pass ato statis.posisi Tucano yg sementara ini ada 4 di Abdul Rahman Saleh.malang sana.so far yg aku tau termasuk dari tv.hari ini TV One lagi expose Tucano tuh.persis pesawat tipe zero punya jepang pas WW II.klo Tucano di cat kayak tipe zero pastinya nipu banget tuh.buat camo.
 
baru nonton tv.TV One.si Tucano.nanti ikut parade militer pas HUT ABRI.pas tgl 5 nanti.entah pake fly pass ato statis.posisi Tucano yg sementara ini ada 4 di Abdul Rahman Saleh.malang sana.so far yg aku tau termasuk dari tv.hari ini TV One lagi expose Tucano tuh.persis pesawat tipe zero punya jepang pas WW II.klo Tucano di cat kayak tipe zero pastinya nipu banget tuh.buat camo.

hehe..klo SEKARANG ALA MONCONG HIU YA GAN...
 
Dari Brazil namanya super tucano begitu sampai di Indonesia jadi Tukino.....:Peace::Peace::Peace:
 
harus nya indonesia bisa bikin sendiri itu gan...
kalo liat itu ane jadi ingat Junker 87 stuka.
imgres

:cendol::cendol::cendol:
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd