Pluralisme Agama
Monggo om, silahkan dibaca... Bukan hanya islam yang nentang, tapi selain islam juga.
Pluralisme Agama (Religious Pluralism) adalah istilah khusus dalam kajian agama0
2-agama. Sebagai ¡®terminologi khusus¡¯, istilah ini tidak dapat dimaknai sembarangan, misalnya disamakan dengan makna istilah ¡®toleransi¡¯, ¡®saling menghormati¡¯ (mutual respect), dan sebagainya. Sebagai satu paham (isme), yang membahas cara pandang terhadap agama-agama yang ada, istilah ¡®Pluralisme Agama¡¯ telah menjadi pembahasan panjang di kalangan para ilmuwan dalam studi agama0
2 agama (religious studies).
Pandangan Kristen
Paus Yohannes Paulus II, tahun 2000, mengeluarkan Dekrit Dominus Jesus [1]¡¯ Penjelasan ini, selain menolak paham Pluralisme Agama, juga menegaskan kembali bahwa Yesus Kristusadalah satu0
2-satunya pengantara keselamatan Ilahi dan tidak ada orang yang bisa ke Bapa selain melalui Yesus.
Pluralisme Agama berkembang pesat dalam masyarakat Kristen-0
2barat disebabkan setidaknya oleh tiga hal: yaitu
1. Trauma sejarah kekuasaan Gereja di Abad Pertengahan dan konflik Katolik0
2-Protestan,
2.Problema teologis Kristen, dan
3. Problema Teks Alkitab.
Dalam tradisi Kristen, dikenal ada tiga cara pendekatan atau cara pandang teologis terhadap agama lain.
*.eksklusivisme, yang memandang hanya orang-orang yang mendengar dan menerima Alkitab yang akan diselamatkan. Di luar itu, ia tidak selamat.
*.inklusivisme, yang berpandangan, meskipun Kristen merupakan agama yang benar, tetapi keselamatan juga mungkin terdapat pada agama lain.
*.pluralisme, yang memandang semua agama adalah jalan yang sama-sama sah menuju inti dari realitas agama. Dalam pandangan Pluralisme Agama, tidak ada agama yang dipandang lebih superior dari agama lainnya. Semuanya dianggap sebagai jalan yang sama0
2-sama sah menuju Tuhan. [2]
Pandangan Islam
Pada tanggal 28 Juli 2005, MUImenerbitkan fatwayang melarang pluralisme. Dalam fatwa tersebut,pluralisme agama,sebagai obyek persoalan yang ditanggapi, didefinisikan sebagai:
"Suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif; oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah. Pluralisme juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup dan berdampingan di surga".
Dengan demikian, MUI menyatakan bahwa Pluralisme dalam konteks yang tertera tersebut bertentangan dengan ajaran Agama Islam [3].
Dengan adanya definisipluralismeyang berbeda tersebut, timbul polemik panjang mengenai pluralisme di Indonesia.
Pandangan Hindu
Setiap kali orang Hindu mendukung Universalisme Radikal,
dan secara bombastik memproklamasikan bahwa ¡°semua agama adalah sama¡±,
dia melakukan itu atas kerugian besar dari agama Hindu yang dia katakan dia cintai.
(Dr. Frank Gaetano Morales, cendekiawan Hindu).
Pandangan Buddha
Pluralisme Agama dalam Agama Buddha
Dengan mencontoh pandanganSang Buddhatentang toleransi beragama,Raja Asokamembuat dekrit di batu cadas gunung ( hingga kini masih dapat di baca ) yang berbunyi : ¡°¡* janganlah kita menghormat agama kita sendiri dengan mencela agama orang lain. Sebaliknya agama orang lain hendaknya dihormat atas dasar tertentu. Dengan berbuat begini kita membantu agama kita sendiri untuk berkembang disamping menguntungkan pula agama lain. Dengan berbuat sebaliknya kita akan merugikan agama kita sendiri di samping merugikan agama orang lain. Oleh karena itu, barang siapa menghormat agamanya sendiri dengan mencela agama lain ¨C semata ¨C mata karena dorongan rasa bakti kepada agamanya dengan berpikir ¡® bagaimana aku dapat memuliakan agamaku sendiri ¡® maka dengan berbuat demikian ia malah amat merugikan agamanya sendiri. Oleh karena itu toleransi dan kerukunan beragamalah yang dianjurkan dengan pengertian, bahwa semua orang selain mendengarkan ajaran agamanya sendiri juga bersedia untuk mendengarkan ajaran agama yang dianut orang lain¡* ¡°
Pluralisme Sosial dalam Agama Buddha
Ketika Suku Sakya dan Suku Koliya ingin berperang karena memperebutkan air sungai Rohini. Sang Buddha dengan Mata Bathin-Nya mengetahui kejadian itu. dan Buddha dengan Kesaktian-Nya terbang ke udara, tepat ditengah tengah Sungai Rohini. Mereka langsung bersujud ketika mereka melihat Sang Buddha, Sang Buddha bertanya pada pimpinan dari kedua pihak itu, satu demi satu, akhirnya sampailah kepada pekerja harian. Pekerja harian itu menjawab :
¡°Pertengkaran ini hanya karena air sungai Rohini, Yang Mulia.¡± Kemudian Sang Buddha bertanya pada kedua Raja itu : ¡°Berapakah nilai air sungai itu, Raja Mulia?¡± ¡°Sangat kecil nilainya, Yang Mulia.¡± ¡°Berapa besarkah nilai Khattiya (Negeri) ini, Raja Mulia?¡± ¡°Khattiya ini tidak ternilai, Yang Mulia.¡± ¡°Bukanlah hal yang baik dan pantas apabila hanya karena air yang sedikit ini kalian menghancurkan Khattiya (Negeri) yang tidak ternilai ini.¡±
Kedua pihak itu diam seribu bahasa. Sang Buddha berkata lagi : ¡°O, Raja Mulia, mengapa kalian bertindak seperti ini? Apabila saya tidak ada di sini sekarang, kalian akan bertempur, membuat sungai ini berlimbah darah. Kalian tidak pantas bertindak demikian. Kalian hidup bermusuhan, menuruti hati yang diliputi lima jenis nafsu kebencian. Saya hidup bebas dari kebencian. Kalian hidup menderita karena sakit yang disebabkan oleh nafsu kejahatan. Saya hidup bebas dari penyakit. Kalian hidup dipenuhi keinginan, dengan memuaskan lima jenis hawa nafsu keserakahan. Saya hidup bebas dari segala nafsu keserakahan.¡± Setelah bersabda demikian, Sang Buddha mengucapkan syair-syair ini :
¡°Sungguh bahagia jika kita hidup tanpa membenci di antara orang-orang yang membenci, di antara orang-orang yang membenci kita hidup tanpa membenci.¡±(Dhammapada, Sukha Vagga no. 1)