Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

prabu Jayabaya, apa saja yg para suhu ketahui?

Kanjeng Jr

Guru Semprot
Daftar
7 Feb 2016
Post
688
Like diterima
25
Lokasi
jember
Nubi ngefans banget sam nama besar beliau, nah.. Yg tahu, mohon sudi d share disini yaa. Monggo bersedekah kawruh.
Haturnuwun
 
Yg ane tau cuman dia raja kediri.
Mungkin bawah ane yg ada yg bisa ngelanjutin.
 
Keduax. Beliau membuat kitab ramalan bagi bangsa indonesia yang pasti bukan kitab primbon atawa tafsir mimpi buat ngechak togel ya gan heeeeee
 
Masih nyimpen salinan kitabnya meski tu buku udah bener2 kemakan usia,
Ramalannya..behhh
:jempol:
 
sorry, sedikit pemberitahuan atau semacam saran buat ts.

ada beberapa trit yg ente buat judul dianggap sebagai kalimat awal trit. jadi ketika di submit, judul muncul sendirian di atas sebagai judul trit dan meninggalkan badan trit dengan kalimat tanpa judul.

ane ambil contoh trit ini:

Nubi ngefans banget sam nama besar beliau, nah.. Yg tahu, mohon sudi d share disini yaa. Monggo bersedekah kawruh.
Haturnuwun

nah...
ga ada yang tahu itu siapa yang dimaksud dengan beliau, kan...

alangkah lebih baiknya jika judul tidak ditinggal di atas tapi dimasukkan juga di dalam badan trit....
contoh:

jayabaya, apa yang para suhu ketahui tentang beliau.

Nubi ngefans banget sama nama besar beliau, nah..
Yg tahu, mohon sudi d share disini yaa. Monggo bersedekah kawruh.
Haturnuwun

apalagi jika ditambah sedikit info yang ts ketahui ttg subyek yang ditanyakan. share informasinya dimulai dari ts dulu, dan kemudian trit bisa menjadi bahan bacaan yang menarik sepanjang masa.

ane kira itu dulu.
member lain yang baca ane punya tulisan ini semoga bisa ngerti maksudnya, demi pengetahuan yang kita sebarkan di sini.

salam sejahtera.
rahhayu...
:rose:
 
mungkin
-- tentang ramalan nya yang terkenal ( JANGKA JAYA BAYA`)
 
Dijabarkan disini aja om, biar warga semprot tau semua..

:jempol:
 
1. Besuk yen wis ana kreta
tanpa jaran ---> Kelak jika
sudah ada kereta tanpa
kuda.
2. Tanah Jawa kalungan wesi
---> Pulau Jawa berkalung
besi.
3. Prahu mlaku ing dhuwur
awang-awang ---> Perahu
berjalan di angkasa.
4. Kali ilang kedhunge --->
Sungai kehilangan mata air.
5. Pasar ilang kumandhang
---> Pasar kehilangan
suara.
6. Iku tandha yen tekane
zaman Jayabaya wis cedhak
---> Itulah pertanda zaman
Jayabaya telah mendekat.
7. Bumi saya suwe saya
mengkeret --- Bum i
semakin lama semakin
mengerut.
8. Sekilan bumi dipajeki --->
Sejengkal tanah dikenai
pajak.
9. Jaran doyan mangan
sambel ---> Kuda suka
makan sambal.
10. Wong wadon nganggo
pakeyan lanang --->Orang
perempuan berpakaian
lelaki.
11. Iku tandhane yen wong
bakal nemoni wolak-
waliking zaman ---> Itu
pertanda orang akan
mengalami zaman
berbolak-balik.
12. Akeh janji ora ditetepi --->
Banyak janji tidak ditepati.
13. Akeh wong wani nglanggar
sumpahe dhewe --->
Banyak orang berani
melanggar sumpah sendiri.
14. Manungsa padha seneng
nyalah ---> Orang-orang
saling lempar kesalahan.
15. Ora ngendahake hukum
Hyang Widhi ---> Tak
peduli akan hukum Hyang
Widhi.
16. Barang jahat diangkat-
angkat ---> Yang jahat
dijunjung-junjung.
17. Barang suci dibenci --->
Yang suci (justru) dibenci.
18. Akeh manungsa mung
ngutamakke dhuwi t--->
Banyak orang hanya
mementingkan uang.
19. Lali kamanungsan --->
Lupa jati kemanusiaan.
20. Lali kabecikan ---> Lupa
hikmah kebaikan.
21. Lali sanak lali kadang --->
Lupa sanak lupa saudara.
22. Akeh bapa lali anak --->
Banyak ayah lupa anak.
23. Akeh anak wani nglawan
ibu --->Banyak anak berani
melawan ibu.
24. Nantang bapa --->
Menantang ayah.
25. Sedulur padha cidra --->
Saudara dan saudara saling
khianat.
26. Kulawarga padha curiga ---
> Keluarga saling curiga.
27. Kanca dadi mungsuh --->
Kawan menjadi lawan.
28. Akeh manungsa lali asale
---> Banyak orang lupa
asal usul.
29. Ukuman Ratu ora adil --->
Hukuman Raja tidak adil.
30. Akeh pangkat sing jahat lan
ganji l---> Banyak pejabat
jahat dan ganjil
31. Akeh kelakuan sing ganjil
---> Banyak ulah-tabiat
ganjil
32. Wong apik-apik padha
kapencil ---> Orang yang
baik justru tersisih.
33. Akeh wong nyambut gawe
apik-apik padha krasa isin
---> Banyak orang kerja
halal justru merasa malu.
34. Luwih utama ngapusi --->
Lebih mengutamakan
menipu.
35. Wegah nyambut gawe --->
Malas untuk bekerja.
36. Kepingin urip mewah --->
Inginnya hidup mewah.
37. Ngumbar nafsu angkara
murka, nggedhekake duraka
---> Melepas nafsu
angkara murka, memupuk
durhaka.
38. Wong bener thenger-
thenger ---> Orang (yang)
benar termangu-mangu.
39. Wong salah bungah --->
Orang (yang) salah gembira
ria.
40. Wong apik ditampik-tampik
---> Orang (yang) baik
ditolak ditampik (diping-
pong).
41. Wong jahat munggah
pangkat ---> Orang (yang)
jahat naik pangkat.
42. Wong agung kasinggung
---> Orang (yang) mulia
dilecehkan
43. Wong ala kapuja ---> Orang
(yang) jahat dipuji-puji.
44. Wong wadon ilang
kawirangane --->
perempuan hilang malu.
45. Wong lanang ilang
kaprawirane ---> Laki-laki
hilang jiwa kepemimpinan.
46. Akeh wong lanang ora duwe
bojo ---> Banyak laki-laki
tak mau beristri.
47. Akeh wong wadon ora setya
marang bojone ---> Banyak
perempuan ingkar pada
suami.
48. Akeh ibu padha ngedol
anake ---> Banyak ibu
menjual anak.
49. Akeh wong wadon ngedol
awake ---> Banyak
perempuan menjual diri.
50. Akeh wong ijol bebojo --->
Banyak orang gonta-ganti
pasangan.
 
151. wanita nglamar pria\ isih bayi
padha mbayi\ sing pria padha
ngasorake drajate dhewe\
Bait 152 sampai dengan 156
hilang
157. wong golek pangan pindha
gabah den interi\ sing kebat
kliwat, sing kasep kepleset\ sing
gedhe rame, gawe sing cilik
keceklik\ sing anggak ketenggak,
sing wedi padha mati\ nanging
sing ngawur padha makmur\ sing
ngati-ati padha sambat kepati-pati
\
158. cina alang-alang keplantrang
dibandhem nggendring\ melu
Jawa sing padha eling\ sing tan
eling miling-miling\ mlayu-mlayu
kaya maling kena tuding\ eling
mulih padha manjing\ akeh wong
injir, akeh centhil\ sing eman ora
keduman\ sing keduman ora eman
\
159. selet-selete yen mbesuk
ngancik tutuping tahun\
sinungkalan dewa wolu, ngasta
manggalaning ratu\ bakal ana
dewa ngejawantah\ apengawak
manungsa\ apasurya padha
bethara Kresna\ awatak Baladewa\
agegaman trisula wedha\ jinejer
wolak-waliking zaman\ wong
nyilih mbalekake,\ wong utang
mbayar\ utang nyawa bayar
nyawa\ utang wirang nyaur wirang
\
160. sadurunge ana tetenger
lintang kemukus lawa\ ngalu-
ngalu tumanja ana kidul wetan
bener\ lawase pitung bengi,\
parak esuk bener ilange\ bethara
surya njumedhul\ bebarengan
sing wis mungkur prihatine
manungsa kelantur-lantur\ iku
tandane putra Bethara Indra wus
katon\ tumeka ing arcapada
ambebantu wong Jawa\
161. dunungane ana sikil redi
Lawu sisih wetan\ wetane
bengawan banyu\ andhedukuh
pindha Raden Gatotkaca\ arupa
pagupon dara tundha tiga\ kaya
manungsa angleledha\
162. akeh wong dicakot lemut
mati\ akeh wong dicakot semut
sirna\ akeh swara aneh tanpa rupa
\ bala prewangan makhluk halus
padha baris, pada rebut benere
garis\ tan kasat mata, tan arupa\
sing madhegani putrane Bethara
Indra\ agegaman trisula wedha\
momongane padha dadi nayaka
perang\ perange tanpa bala\ sakti
mandraguna tanpa aji-aji
163. apeparap pangeraning prang
\ tan pokro anggoning nyandhang
\ ning iya bisa nyembadani ruwet
rentenging wong sakpirang-pirang
\ sing padha nyembah reca
ndhaplang,\ cina eling seh seh
kalih pinaringan sabda hiya
gidrang-gidrang\
164. putra kinasih swargi kang
jumeneng ing gunung Lawu\ hiya
yayi bethara mukti, hiya krisna,
hiya herumukti\ mumpuni
sakabehing laku\ nugel tanah
Jawa kaping pindho\ ngerahake
jin setan\ kumara prewangan, para
lelembut ke bawah perintah saeko
proyo\ kinen ambantu manungso
Jawa padha asesanti trisula weda\
landhepe triniji suci\ bener, jejeg,
jujur\ kadherekake Sabdopalon lan
Noyogenggong\
165. pendhak Sura nguntapa
kumara\ kang wus katon nembus
dosane\ kadhepake ngarsaning
sang kuasa\ isih timur kaceluk
wong tuwa\ paringane Gatotkaca
sayuta\
166. idune idu geni\ sabdane
malati\ sing mbregendhul mesti
mati\ ora tuwo, enom padha dene
bayi\ wong ora ndayani nyuwun
apa bae mesthi sembada\ garis
sabda ora gentalan dina,\ beja-
bejane sing yakin lan tuhu setya
sabdanira\ tan karsa sinuyudan
wong sak tanah Jawa\ nanging
inung pilih-pilih sapa\
167. waskita pindha dewa\ bisa
nyumurupi lahire mbahira,
buyutira, canggahira\ pindha lahir
bareng sadina\ ora bisa diapusi
marga bisa maca ati\ wasis, wegig,
waskita,\ ngerti sakdurunge
winarah\ bisa pirsa mbah-mbahira
\ angawuningani jantraning zaman
Jawa\ ngerti garise siji-sijining
umat\ Tan kewran sasuruping
zaman\
168. mula den upadinen sinatriya
iku\ wus tan abapa, tan bibi, lola\
awus aputus weda Jawa\ mung
angandelake trisula\ landheping
trisula pucuk\ gegawe pati utawa
utang nyawa\ sing tengah sirik
gawe kapitunaning liyan\ sing
pinggir-pinggir tolak colong
njupuk winanda\
169. sirik den wenehi\ ati malati
bisa kesiku\ senenge anggodha
anjejaluk cara nistha\ ngertiyo yen
iku coba\ aja kaino\ ana beja-
bejane sing den pundhuti\ ateges
jantrane kaemong sira sebrayat\
170. ing ngarsa Begawan\ dudu
pandhita sinebut pandhita\ dudu
dewa sinebut dewa\ kaya dene
manungsa\ dudu seje daya
kajawaake kanti jlentreh\ gawang-
gawang terang ndrandhang\
171. aja gumun, aja ngungun\ hiya
iku putrane Bethara Indra\ kang
pambayun tur isih kuwasa
nundhung setan\ tumurune tirta
brajamusti pisah kaya ngundhuh\
hiya siji iki kang bisa paring
pituduh\ marang jarwane jangka
kalaningsun\ tan kena den apusi\
marga bisa manjing jroning ati\
ana manungso kaiden ketemu\
uga ana jalma sing durung
mangsane\ aja sirik aja gela\ iku
dudu wektunira\ nganggo simbol
ratu tanpa makutha\ mula sing
menangi enggala den leluri\ aja
kongsi zaman kendhata madhepa
den marikelu\ beja-bejane anak
putu\
172. iki dalan kanggo sing eling
lan waspada\ ing zaman
kalabendu Jawa\ aja nglarang
dalem ngleluri wong apengawak
dewa\ cures ludhes saka braja
jelma kumara\ aja-aja kleru
pandhita samusana\ larinen
pandhita asenjata trisula wedha\
iku hiya pinaringaning dewa\
173. nglurug tanpa bala\ yen
menang tan ngasorake liyan\ para
kawula padha suka-suka\ marga
adiling pangeran wus teka\ ratune
nyembah kawula\ angagem trisula
wedha\ para pandhita hiya padha
muja\ hiya iku momongane kaki
Sabdopalon\ sing wis adu wirang
nanging kondhang\ genaha
kacetha kanthi njingglang\ nora
ana wong ngresula kurang\ hiya
iku tandane kalabendu wis minger
\ centi wektu jejering kalamukti\
andayani indering jagad raya\
padha asung bhekti\
 
Masih menunggu satriyo piningit yang diramalkan prabu Jayabhaya... (*sumpah, bukan nubi lho om satriyo piningitnya...) :hammer:
 
Masih menunggu satriyo piningit yang diramalkan prabu Jayabhaya... (*sumpah, bukan nubi lho om satriyo piningitnya...) :hammer:

menurut cerita almarhum bokap...yg mengutip ramaln sri adji joyoboyo.indonesia bisa makmur kalo yg memimpin NOTONEGORO
1:NO=SUKARNO
2:TO=SUHARTO
3:NE=?????
semoga calon pres tahun depan bisa bikin indonesia semakin makmur.....
 
ne : basuki tjahaya PurNEme ,, mungkin :ngupil:
 
menurut cerita almarhum bokap...yg mengutip ramaln sri adji joyoboyo.indonesia bisa makmur kalo yg memimpin NOTONEGORO
1:NO=SUKARNO
2:TO=SUHARTO
3:NE=?????
semoga calon pres tahun depan bisa bikin indonesia semakin makmur.....

Ada beberapa versi oom setau nubi (mohon dikoreksi).
NO
TO
NA
GO
RO
Dan versi lain malah bilang...
NO : soekarno
TO : soeharto
HA : Habibie
GO : Ga (Gus Dur)
MO : Ma (Mega)
NO : SB yudoyono
TO : xx
NA : xx
GO : xx
RO : xx


Sayang, disana ndak ada kata "DA", bisa jadi presidennya nanti bergelar arma DA... *ngawur!
 
to : prabowo subianto
 
Ada nubi yg pny kitabnya yaa ? Ckckckk.. Salut nubi. Di era skrg d forum ini ada yg seserius itu. Dalam kitab itu, nama jayabaya siapa ya? Rangga wasito ato sri adji jayabaya ya?
@suhu himalaia, di roger teguran nya suhuu. Nanti kalo buat trit lg nubi koreksi.
 
maaf jayabaya ini raja atau pangeran ya
:huh:

Nama kampus wan.... =)) =)) =))

Nih nubie coba salin aja deh...

Maharaja Jayabhaya adalah raja Kadiri yang memerintah sekitar tahun 1135-1157. Nama gelar lengkapnya adalah Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa.

Pemerintahan Jayabhaya

Pemerintahan Jayabhaya dianggap sebagai masa kejayaan Kediri. Peninggalan sejarahnya berupa prasasti Hantang (1135), prasasti Talan (1136), dan prasasti Jepun (1144), serta Kakawin Bharatayuddha (1157).

Pada prasasti Hantang, atau biasa juga disebut prasasti Ngantang, terdapat semboyan Panjalu Jayati, yang artinya Kediri menang. Prasasti ini dikeluarkan sebagai piagam pengesahan anugerah untuk penduduk desa Ngantang yang setia pada Kediri selama perang melawan Jenggala.

Dari prasasti tersebut dapat diketahui kalau Jayabhaya adalah raja yang berhasil mengalahkan Janggala dan mempersatukannya kembali dengan Kediri.

Kemenangan Jayabhaya atas Jenggala disimbolkan sebagai kemenangan Pandawa atas Korawa dalam kakawin Bharatayuddha yang digubah oleh empu Sedah dan empu Panuluh tahun 1157.

Jayabhaya dalam Tradisi Jawa

Nama besar Jayabhaya tercatat dalam ingatan masyarakat Jawa, sehingga namanya muncul dalam kesusastraan Jawa zaman Mataram Islam atau sesudahnya sebagai Prabu Jayabaya. Contoh naskah yang menyinggung tentang Jayabaya adalah Babad Tanah Jawi dan Serat Aji Pamasa.

Dikisahkan Jayabaya adalah titisan Wisnu. Negaranya bernama Widarba yang beribu kota di Mamenang. Ayahnya bernama Gendrayana, putra Yudayana, putra Parikesit, putra Abimanyu, putra Arjuna dari keluarga Pandawa.

Permaisuri Jayabaya bernama Dewi Sara. Lahir darinya Jayaamijaya, Dewi Pramesti, Dewi Pramuni, dan Dewi Sasanti. Jayaamijaya menurunkan raja-raja tanah Jawa, bahkan sampai Majapahit dan Mataram Islam. Sedangkan Pramesti menikah dengan Astradarma raja Yawastina, melahirkan Anglingdarma raja Malawapati.

Jayabaya turun takhta pada usia tua. Ia dikisahkan moksha di desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Tempat petilasannya tersebut dikeramatkan oleh penduduk setempat dan masih ramai dikunjungi sampai sekarang.

Prabu Jayabaya adalah tokoh yang identik dengan ramalan masa depan Nusantara. Terdapat beberapa naskah yang berisi "Ramalan Joyoboyo", antara lain Serat Jayabaya Musarar, Serat Pranitiwakya, dan lain sebagainya.

Dikisahkan dalam Serat Jayabaya Musarar, pada suatu hari Jayabaya berguru pada seorang ulama bernama Maolana Ngali Samsujen. Dari ulama tersebut, Jayabaya mendapat gambaran tentang keadaan Pulau Jawa sejak zaman diisi oleh Aji Saka sampai datangnya hari Kiamat.

Dari nama guru Jayabaya di atas dapat diketahui kalau naskah serat tersebut ditulis pada zaman berkembangnya Islam di Pulau Jawa. Tidak diketahui dengan pasti siapa penulis ramalan-ramalan Jayabaya. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat itu untuk mematuhi ucapan tokoh besar. Maka, si penulis naskah pun mengatakan kalau ramalannya adalah ucapan langsung Prabu Jayabaya, seorang raja besar dari Kadiri.

Tokoh pujangga besar yang juga ahli ramalan dari Surakarta bernama Ranggawarsita sering disebut sebagai penulis naskah-naskah Ramalan Jayabaya. Akan tetapi, Ranggawarsita biasa menyisipkan namanya dalam naskah-naskah tulisannya, sedangkan naskah-naskah Ramalan Jayabaya pada umumnya bersifat anonim.

Ramalan Prabu Jayabaya

Ramalan Jayabaya, adalah ramalan tentang keadaan Nusantara di suatu masa pada masa datang. Dalam Ramalan Jayabaya itu dikatakan, akan datang satu masa penuh bencana.

Gunung-gunung akan meletus, bumi berguncang-guncang, laut dan sungai, akan meluap. Ini akan menjadi masa penuh penderitaan. Masa kesewenang-wenangan dan ketidakpedulian. Masa orang-orang licik berkuasa, dan orang-orang baik akan tertindas.

Tapi, setelah masa yang paling berat itu, akan datang zaman baru, zaman yang penuh kemegahan dan kemuliaan. Zaman Keemasan Nusantara. Dan zaman baru itu akan datang setelah datangnya sang Ratu Adil, atau Satria Piningit.

Ramalan Jayabaya ditulis ratusan tahun yang lalu, oleh seorang raja yang adil dan bijaksana di Mataram. Raja itu bernama Prabu Jayabaya (1135-1159). Ramalannya kelihatannya begitu mengena dan bahkan masih diperhatikan banyak orang ratusan tahun setelah kematiannya. Bung Karno pun juga merasa perlu berkomentar tentang ramalan ini.

"Tuan-tuan Hakim, apakah sebabnya rakyat senantiasa percaya dan menunggu-nunggu datangnya "Ratu Adil", apakah sebabnya sabda Prabu Jayabaya sampai hari ini masih terus menyalakan harapan rakyat ? Tak lain ialah karena hati rakyat yang menangis itu, tak habis-habisnya menunggu-nunggu, mengharap-harapkan datangnya pertolongan. Sebagaimana orang yang dalam kegelapan, tak berhenti-berhentinya menunggu-nunggu dan mengharap-harap "Kapan, kapankah Matahari terbit?". Soekarno, 1930, Indonesia Menggugat
Ramalan Jayabaya ini memang lumayan fenomenal, banyak ramalannya yang bisa ditafsirkan mendekati keadaan sekarang. Di antaranya :

Datangnya bangsa berkulit pucat yang membawa tongkat yang bisa membunuh dari jauh dan bangsa berkulit kuning dari Utara (zaman penjajahan ).
"kreto mlaku tampo jaran", "Prau mlaku ing nduwur awang-awang", kereta berjalan tanpa kuda dan perahu yang berlayar di atas awan (mobil dan pesawat terbang?)
Datangnya zaman penuh bencana di Nusantara (Lindu ping pitu sedino, lemah bengkah, Pagebluk rupo-rupo ), gempa tujuh kali sehari, tanah pecah merekah, bencana macam-macam.
Dan ia bahkan (mungkin) juga meramalkan global warming, "Akeh udan salah mongso", datangnya masa di mana hujan salah musim.
Nah, naik turunnya peradaban sebenarnya sudah banyak dianalisis, bahkan sejak ratusan tahun lalu. Di antaranya oleh Ibnu Khaldun (Muqaddimah, 1337, Wikipedia: Ibn Khaldun), Gibbon (Decline and Fall, 1776), Toynbee (A Study of History), atau Jared Diamond. Intinya sederhana. Manusia atau bangsa, bisa berubah. Manusia bisa lupa, dan sebaliknya juga bisa belajar. Bangsa bisa bangkit, hancur, dan bisa juga bangkit lagi.

Bagaimana dengan Satria Piningit ?

Banyak juga teori tentang manusia-manusia istimewa yang datang membawa perubahan. Di dunia, orang-orang itu sering disebut "Promethean", diambil dari nama dewa Yunani Prometheus yang memberikan api (pencerahan) pada manusia. Toynbee menamakannya Creative Minorities. Tapi mereka bukan sekedar "manusia-manusia ajaib", melainkan orang-orang yang memiliki kekuatan dahsyat, yaitu kekuatan ilmu, dan kecintaan pada bangsanya, sesama manusia, dan pada Tuhannya. Lihat misalnya berapa banyak hadis Nabi Muhammad tentang pentingnya ilmu. Dan perhatikan lanjutan pidato Bung Karno ini:

"Selama kaum intelek Bumiputra belum bisa mengemukakan keberatan-keberatan bangsanya, maka perbuatan-perbuatan yang mendahsyatkan itu (pemberontakan) adalah pelaksanaan yang sewajarnya dari kemarahan-kemarahan yang disimpan ... terhadap usaha bodoh memerintah rakyat dengan tidak memperhatikan dengan sungguh-sungguh keinginan-keinginan dan kepentingan-kepentingan mereka..."
Satria piningit, adalah orang-orang yang peduli pada bangsanya, berilmu tinggi, dan telah memutuskan untuk berbuat sesuatu. Mereka lah, dan hanya merekalah yang bisa melawan kehancuran, dan akhirnya membangkitkan peradaban.

Di zaman kegelapan, selalu ada saja orang yang belajar. Di antarabanyak orang lupa, selalu ada saja orang baik. Bahkan walau cuma satu orang. Kadang, kerusakan itu justru membakar jiwanya untuk berbuat sesuatu. Belajar, berjuang, berkorban. Seperti Nabi Muhammad yang melihat bangsanya hancur, atau Soekarno yang melihat bangsanya diinjak-injak. Mereka lalu berjuang menyelamatkan bangsanya. Promethean, Ratu Adil yang mendatangkan zaman kebaikan.

Ramalan Jayabaya mungkin bisa dipahami secara ilmiah, bahwa manusia dan peradaban memang selalu bisa bangkit, hancur, dan bangkit lagi. Dan mungkin karena Jayabaya menyadari manusia bisa lupa, dia sengaja menulis ini sebagai peringatan agar manusia tidak lupa. Dan itulah satu tanda kearifan sang Prabu Jayabaya. Mungkin, ini juga dorongan pada manusia agar selalu berbesar hati, optimis. Bahwa di saat yang paling berat sekalipun, suatu hari akhirnya akan datang juga Masa Kesadaran, Masa Kebangkitan Besar, Masa Keemasan Nusantara.

Semoga Membantu :D
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd