Mumpung masih hangat nih pemberitaan mengenai Lamborghini yang menabrak warung jualan STMJ di Surabaya dengan korban meninggal 1 orang dan sedikitnya 2 orang mengalami luka (diluar pengendara), ternyata mobil ini merupakan tipe special dari pabrikan super car asal kota mode, Italia. Berikut sekilas mengenai Lamborghini "maut" ini:
Lamborghini B 2258 WM dengan nomor polisi B 2258 WM adalah Gallardo LP 570-4 Super Trofeo Stradale, edisi khusus yang hanya diproduksi 150 unit (catat juragan, cuma 150 biji se dunia).
Saat peluncurannya di ajang Frankfurt Motor Show, 2012 silam, disebutkan bahwa mobil ini menjadi Gallardo paling ekstrem dan paling kuat. Lamborghini ingin membawa roh mobil balap sirkuit ke jalanan dengan Super Trefo Stradale.
Supercar ini terinspirasi dari mobil balap Lamborghini Blancpain Super Trofeo, yang dipacu pada kejuaraan Lamborghini Blancpain Super Trofeo. Beberapa kesamaan dibawa Stradale dari versi mobil balap seperti mesin V10 yang tidak mengalami perubahan sama sekali.
Artinya, mobil ini punya mesin spesifikasi balapan. Menjadi aneh saat Wiyang Lautner, sang pengemudi ceroboh yang saat kejadian sedang balapan dengan Ferrari, dan akhirnya menabrak itu mengaku cuma ngebut 80 kpj (mana ada balapan ama ferari cuman segitu larinya).
Mesin 5.200 cc itu sanggup melepaskan tenaga 570 tk @8.000 rpm dan torsi puncak 540 Nm @6.500 rpm. Tenaga mobil didistribusikan ke semua roda via transmisi 6-percepatan, gigi bisa dipindah dengan paddle-shift yang berada di batang kemudi.
Tenaga itu sanggup melesatkan mobil 0-100 kpj dalam 3,4 detik dan mencapai 200 kpj dalam 10,4 detik. Kecepatan maksimal bisa sampai 320 kpj.
Semuanya didukung konstruksi ringan hasil dari penggunaan material karbon fiber dan alumunium. Bobot Stradale hanya 1340 kg atau lebih ringan 70 kg dari Gallardo LP 560-4 biasa. Lalu, ada spoiler di buritan untuk menambah aerodinamika. Kap mesin bisa dicopot seperti versi mobil balap. Keduanya terbuat dari material carbon composite.
Belum lagi suspensi, juga disamakan dnegan versi mobil balap. Gallardo Super Trofeo itu menggunakan suspensi wishbone ganda dari alumunium. Pelek 19 inci dibungkus ban Pirelli P Zero Corsa. Keberingasan sports car ini dijinakkan oleh rem cakram berventilasi (365 mm depan dan 356 mm belakang). Sistem kontrol stabilitas ESP menjadi fitur standar.
Nah ini penampakannya:
Tampilan versi surabaya
Tampilan Aslinya Versi Pabrikan
Pada saat peluncuran
Bukan sekedar punya uang untuk dapat memacu sebuah mobil super, tp dibutuhkan skill dan kontrol emosi dan jalan raya bukan tempat kebut-kebutan.
sumber:kompas otomotif dan teamspeed.com
Lamborghini B 2258 WM dengan nomor polisi B 2258 WM adalah Gallardo LP 570-4 Super Trofeo Stradale, edisi khusus yang hanya diproduksi 150 unit (catat juragan, cuma 150 biji se dunia).
Saat peluncurannya di ajang Frankfurt Motor Show, 2012 silam, disebutkan bahwa mobil ini menjadi Gallardo paling ekstrem dan paling kuat. Lamborghini ingin membawa roh mobil balap sirkuit ke jalanan dengan Super Trefo Stradale.
Supercar ini terinspirasi dari mobil balap Lamborghini Blancpain Super Trofeo, yang dipacu pada kejuaraan Lamborghini Blancpain Super Trofeo. Beberapa kesamaan dibawa Stradale dari versi mobil balap seperti mesin V10 yang tidak mengalami perubahan sama sekali.
Artinya, mobil ini punya mesin spesifikasi balapan. Menjadi aneh saat Wiyang Lautner, sang pengemudi ceroboh yang saat kejadian sedang balapan dengan Ferrari, dan akhirnya menabrak itu mengaku cuma ngebut 80 kpj (mana ada balapan ama ferari cuman segitu larinya).
Mesin 5.200 cc itu sanggup melepaskan tenaga 570 tk @8.000 rpm dan torsi puncak 540 Nm @6.500 rpm. Tenaga mobil didistribusikan ke semua roda via transmisi 6-percepatan, gigi bisa dipindah dengan paddle-shift yang berada di batang kemudi.
Tenaga itu sanggup melesatkan mobil 0-100 kpj dalam 3,4 detik dan mencapai 200 kpj dalam 10,4 detik. Kecepatan maksimal bisa sampai 320 kpj.
Semuanya didukung konstruksi ringan hasil dari penggunaan material karbon fiber dan alumunium. Bobot Stradale hanya 1340 kg atau lebih ringan 70 kg dari Gallardo LP 560-4 biasa. Lalu, ada spoiler di buritan untuk menambah aerodinamika. Kap mesin bisa dicopot seperti versi mobil balap. Keduanya terbuat dari material carbon composite.
Belum lagi suspensi, juga disamakan dnegan versi mobil balap. Gallardo Super Trofeo itu menggunakan suspensi wishbone ganda dari alumunium. Pelek 19 inci dibungkus ban Pirelli P Zero Corsa. Keberingasan sports car ini dijinakkan oleh rem cakram berventilasi (365 mm depan dan 356 mm belakang). Sistem kontrol stabilitas ESP menjadi fitur standar.
Nah ini penampakannya:
Tampilan versi surabaya
Tampilan Aslinya Versi Pabrikan
Pada saat peluncuran
Bukan sekedar punya uang untuk dapat memacu sebuah mobil super, tp dibutuhkan skill dan kontrol emosi dan jalan raya bukan tempat kebut-kebutan.
sumber:kompas otomotif dan teamspeed.com