XL1200 ya? Sebenernya kalo mau beli moge second pada umumnya hampir sama semua kok apa-apa aja yg harus dicek. Mau FP maupun NP. Sebisa mungkin cek fisik terlebih dahulu yg otomatis harus dtg lihat langsung & coba motornya.
Kalo mau nyari motor yg bener-bener waras pertama cek kelengkapan unitnya apa-apa aja (biasanya dicantumkan spesifikasinya apa aja). Kedua cek bagian mesin (ini penting) apakah ada rembesan oli atau tidak, apakah ada cacat dibagian mesin fisik mesin atau tidak (seperti lecet atau cuil dan semacamnya). Ketiga cek ODO nya sudah menempuh berapa kilometer. Keempat cek bunyi mesin (alangkah lebih baik ajak temen atau mekanik yg sudah kenal yg sangat paham dengan moge, lebih bagus lagi spesialis HD). Kelima tanyakan service apa saja yg udah pernah dilakukan. Keenam cek originalitas spare part yg ada. Ketujuh, kalo udah cocok & sreg tinggal tawar menawar bayar terus kirim melalui towing/kereta ke kota suhu.
Tips:
- Biasanya dengan ODO yg angkanya besar harga lebih murah.
- Untuk HD tipe injeksi & karbu pasti ada bedanya dari segi perawatan dan selera. Yang otomatis tipe injeksi sedikit lebih ribet ketimbang karbu. Trouble sedikit di kelistrikan kudu setting ECU & segala macem. Utk seri karbu sedikit lebih mudah perawatannya dan suara dr exhaust yg dihasil lebih garang ketika mesin langsam (kembali ke selera).
- Usahakan beli dari user langsung, jangan dr seller krn pasti harga lebih tinggi. Seller pun biasanya itu cm barang titipan user jg kok.
- Kalo saran dr temen saya sih lebih baik cari motor HD yg tahunnya 2010 kebawah.
Kalo mau nyari HD dgn kapasitas cc besar motor ramping sih mending HD Dyna. Untuk semua seri Dyna 1700cc, kecuali seri Dyna Low Rider 1600cc. Untuk seri Dyna sendiri dibagian mesin sudah dilengkapi vibration isolation munted, sebuah karet yg berfungsi utk meredam getaran mesin seperti seri HD Touring keatas.
Kalo untuk saya pribadi sih lebih seneng HD Roadking versi karbu. Fiturnya sudah mayan komplit & nyaman untuk dibawa riding keluar kota rombongan maupun solo rider.